14 Oktober 2010

Ssst...Obama, Bush, dan Sarah Palin Ternyata Masih Sepupu

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON--Dengan merunut jauh ke belakang silsilah keluarga, kita bisa dikejutkan dengan temuan dengan siapa kita masih memiliki relasi. Sebuah situs yang bisa merunut latar belakang keluarga, Ancestry.com, baru-baru ini melansir temuannya soal siapa yang masih terhitung punya relasi dengan Presiden AS, Barack Obama.

Ternyata Obama masih punya relasi dengan Sarah Palin, mantan gubernur Alaska yang menjadi kandidat wakil presiden 2008 bersama rival Obama Dick Cheney. Nama Palin juga sempat didengungkan sebagai calon presiden dari Partai Republik pada 2012 mendatang.

Kendati merupakan "musuh" politik, Obama dan Palin ternyata menurut ahli genealogis di Ancestry.com keduanya masih memiliki relasi. Tak cuma itu, penyiar radio sekaligus kritikus Obama, Rush Limbaugh  juga masih ada kaitan silsilah keluarga. Limbaugh adalah orag gencar mengkritisi apapun kebijakan Obama. pada sebuah wawancara di 2009, ia bahkan jelas berharap agar Obama gagal.

Seorang ahli silsilah di Ancestry.com yang berbasis di Utah, Anastasia Tyler mengatakan Obama dan Palin adalah sepupu ke-10 melalui satu kakek moyang bernama John Smith, seorang pendeta dan pemukim awal di Massachusetts pada abad ke-17.

Obama terkait dengan Smith garis keturunan ibu Anne yang kulit putih, demikian juga Palin yang terkait dengan Smith melalui garis ibu. Kakek moyang dua elit politik di AS ini adalah seorang yang cukup terkenal di masyarakat dan menentang eksekusi terhadap pengikut aliran agama tertentu.  "Smith menentang penganiayaan terhadap kaum Quaker," kata Tyler dalam sebuah wawancara.

Adapun Limbaugh, ia juga sepupu ke-10 presiden melalui satu moyang bernama Richmond Terrell, yang seorang pemilik tanah besar di Virginia, juga di abad ke-17. Namun sejarah Terrel ini agak sedikit samar-samar.

Bagaimana sebenarnya cara kerja genealogist untuk merunut silsilah ratusan tahun ke belakang?

Tyler mengatakan mereka mulai dengan memilih orang yang akan mereka telusuri, baru kemudian memeriksa pohon keluarga mereka. pencarian dilakukan jauh mundur ke belakang mencari kesamaan nama keluarga dan lokasinya.

Dalam proyek baru-baru ini, genealogists menelusuri silsilah keluarga Obama, Palin, dan Limbaugh tetapi juga beberapa orang lain, termasuk Ketua DPR Nancy Pelosi, dan pemilik jaringan Fox, Glenn Beck, dan Sean Hannity. Dari tiga nama yang disebut terakhir, mereka tidak menemukan kaitan.

Mereka juga merunut pohon keluarga mantan presiden George W Bush, dan menemukan ternyata ia masih punya hubungan dengan Obama, dan Sarah Palin sekaligus. Obama dan Bush adalah sepupu ke-11 melalui Samuel Hinckley, sementara  Bush dan Palin adalah sepupu ke-10 juga melalui Hinckley yangadalah ayah mertua John Smith.

Ancestry.com telah mengungkapkan di masa lalu bahwa keluarga Obama terkait dengan investor Warren Buffett dan aktor Brad Pitt. Hal ini juga menemukan bahwa Palin, mantan Gubernur Alaska dan calon wakil presiden Partai Republik, adalah sepupu jauh dari  Franklin D. Roosevelt dan Putri Diana.

Pada tahun 2007, istri Dick Cheney, Lynne, menemukan hubungan leluhur antara wakil presiden dari partai Republik dan Obama saat melakukan penelitian untuk bukunya.  Dia mengatakan hubungan itu sepupu kedelapan, meskipun Chicago Sun-Times ditelusuri sebagai sepupu kesembilan.(republika.co.id)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites