25 November 2010

Pemimpin Spiritual Tibet Bicara Soal Islam

Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama menyatakan, Islam merupakan salah satu agama yang penting dan menjadi harapan jutaan orang di seluruh dunia. Namun banyak orang yang masih salah memahami Islam dan cenderung menyamaratakan kebiasaan buruk segelintir pemeluk Islam dan menjadikannya sebagai stereotipe negatif terhadap Islam dan semua kaum Muslimin.

Dalai Lama mengungkapkan hal itu usai menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Jamia Millia Islamia di New Delhi, India, Selasa (24/11). "Kita selayaknya tidak menyamaratakan semua umat Islam atas perbuatan buruk segelintir pengikutnya," ujar pemimpin umat Budha itu.

Ia menyebut Islam sebagai agama besar tapi Islam sejak lama menghadapi persoalan yang dalam berupa "kesalahan pemahaman" terhadap Islam sehingga agama Islam yang sesungguhnya agama damai secara umum dipandang sebagai sesuatu yang menakutkan hanya karena perbuatan segelintir orang yang mengatasnamakan Islam.

"Jika ada orang yang menyimpang, jangan salahkan agamanya. Dalam semua agama, ada elemen-elemen yang melakukan penyimpangan, termasuk dalam agama Hindu maupun Budha," kata penerima hadiah Nobel itu.

Sejak peristiwa 11 September, saya selalu membela Islam. Islam adalah agama yang mulia dan harus dilindungi," tukas Dalai Lama.

Ia juga mengkritik Barat yang telah mengaitkan jihad dengan terorisme Islam dan sudah saatnya pandangan semacam itu dihentikan. "Jihad bukan medium untuk melakukan serangan atau kekerasan," tukas Dalai Lama. (ln/oi) (eramuslim.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites