1 Desember 2010

Penduduk Miskin RI 6 Kali Warga Singapura

Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat mengakui program pengentasan kemiskinan oleh pemerintah kurang efektif. Jumlah penduduk miskin Indonesia saat ini enam kali lipat penduduk Singapura.
Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan, sampai awal tahun ini porsi penduduk miskin 14,15 persen. Jumlah penduduk miskin di Indonesia enam kali lipat dari total penduduk Singapura yang berjumlah 5,08 juta orang. “Bayangkan enam kali lipat penduduk Singapura dan semua miskin,” ujarnya di Surabaya, Selasa (30/11/2010).
Sayangnya, program pengentasan kemiskinan kurang efektif karena tersebar di berbagai departemen dan lembaga. Masing-masing departemen dan lembaga punya strategi sendiri. Akibatnya, program tidak terintegrasi satu sama lain.
Sampai saat ini, penurunan kemiskinan di Indonesia rata-rata 0,6 persen per tahun. Dengan realisasi itu, sulit mewujudkan target menekan angka kemiskinan menjadi 8 persen pada 2014. “Pemerintah menyiapkan program-program untuk menaikan angka pengentasan kemiskinan,” ujarnya.
Sebelumnya Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heriawan mengatakan penduduk miskin Indonesia mencapai 31 juta orang atau sebesar 13,3 persen dari penduduk Indonesia, atau sama dengan delapan kali jumlah penduduk Singapura. (kompas.com, 30/11/2010)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites