2 September 2010

Bedah Survey: 87,9% Sepakat Penerapan Syariah

Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap urgensi penerapan Syariah dan Khilafah semakin tinggi. Demikianlah benang merah yang dapat diambil dari kegiatan Bedah Survey Syariah yang diselenggarakan oleh DPC Hizbut Tahrir Indonesia Kec. Rancaekek, Kab. Bandung pada Ahad, 22 Agustus 2010.

Kesimpulan tersebut disampaikan Ust. Budi Harsanto, S.E., M.M. anggota HTI Kab. Bandung yang juga peneliti sekaligus penanggung jawab Survey Syariah Kec. Rancaekek di sela-sela berlangsungnya acara.  Beliau menyampaikan setelah pengolahan data yang cukup ketat akhirnya diketahui beberapa hasil menarik dari kegiatan Survey Syariah tersebut diantaranya bahwa tingkat penerimaan masyarakat di Kec. Rancaekek terhadap penerapan syariah Islam sebanyak  87,99%, sementara 85,92% masyarakat meyakini bahwa Syariah Islam akan menjadikan Indonesia lebih baik, tingkat pengetahuan masyarakat Kec. Rancaekek akan syariah pun cukup tinggi yakni 74,47%.

Survey yang dilaksanakan dari tanggal 24 Mei s.d. 6 Juni 2010 tersebut dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap syariah dalam scope kecamatan serta mengetahui gambaran pengetahuan dan penerimaan masyarakat Kecamatan Rancaekek mengenai Syariah Islam.

Sementara itu pembicara ke-2 Ust. Adam Romulo, S.Si DPD II HTI Kab. Bandung dalam paparannya menjelaskan bahwa tingginya tingkat dukungan masyarakat terhadap penerapan Syariah dan Khilafah, sejatinya diimbangi dengan kerja keras para pengemban dakwah untuk menyambut dukungan tersebut dengan cara menjelaskan kepada masyarakat mengenai detail Syariah Islam dan penerapannya seraya menyeru mereka untuk berada di garda terdepan dalam perjuangan menegakkannnya, sebab menurut beliau, jika hasil survey ini benar atau relevan dengan kenyataan di lapangan, maka tegaknya Syariah dan Khilafah hanya masalah waktu saja. “Kapan akan tegak akan dikembalikan pada kita mau kapan menegakkannya…” tuturnya.

Pada sesi testimoni tokoh Ust. Aries Alamsyah salah seorang tokoh masyarakat Rancaekek menyampaikan optimismenya terhadap makin dekatnya penerapan syariah Islam di Indonesia, beliau mengajak kepada semua kalangan terutama para pengemban dakwah untuk terus berjuang tanpa lelah dan menjadikan hasil survey ini sebagai pemompa semangat agar tegaknya Syariah dan Khilafah bisa segera terwujud melalui dukungan umat.***  (Humas HTI Kec. Rancaekek)

  • Profil Responden
o   Responden berjumlah 3.898 orang. Tersebar di seluruh desa yang ada di Rancaekek (13 desa).
o   Reponden laki-laki 47%, perempuan 53%.
o   Hampir seluruh responden (99,9%) beragama Islam.
o   Usia responden terbanyak pada rentang 31 sd 40 tahun (28,12%). Usia rata-rata 39%. Usia termuda 12 tahun. Usia tertua 97 tahun.
o   Pendidikan terakhir responden terbanyak adalah SMA (36%).
o   Pekerjaan responden terbanyak adalah lain-lain (termasuk Ibu Rumah Tangga) sebanyak 54% dan buruh/karyawan industri 19%.
 Penyerahan Hasil Survey Kepada Ketua DPC HTI Rancaekek
Peserta Akhwat Memadati Masjid
 
Ust. Adam Romulo, S.Si sedang memaparkan materi


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites