15 Februari 2012

Dijerat Krisis Ekonomi, 5.000 Warga AS Hidup Menggelandang

Krisis ekonomi Amerika Serikat (AS) yang kian parah membuat ribuan warga hidup menggelandang menjadi tunawisma, tanpa rumah dan tempat tinggal. Diperkirakan bahwa sedikitnya 5.000 orang di beberapa kota di AS menjadi 'kota tenda'.

Menurut dailycaller.com, beberapa 'Kota Tenda' di AS bermunculan di 50 kota, di antaranya, Portland-Oregon, Lakewood-New Jersey, Ann Arbor-Michigan, Pinellas Park-Florida, dan Bakersfield-California."Beberapa tahun belakangan, pengangguran tinggi telah menyebabkan sekitar 5.000 orang tinggal di kamp-kamp tenda di seluruh Amerika."

Menurut BBC news yang dilansir dalam Presstv, Rabu (15/2), sebagian besar penghuni rumah tenda tersebut adalah mereka yang digusur dari rumah mereka karena tidak mampu melunasi kredit perumahan atau menjadikan rumah mereka sebagai agunan. Sedangkan yang lain menghadapi penggusuran karena dianggap melanggar keamanan akibat menganggur dan frustasi.

Di kota Ann Arbor-Michigan, Kondisi perkemahan di kota itu digambarkan semakin tidak higienis. Dalam laporan BBC news, di lokasi perkemahan para tunawisma tersebut, tidak ada toilet dan listrik. Hanya tersedia dalam satu tenda komunal di mana kerumunan warga berkemah di sekitar tungku kayu untuk menghangatkan diri ditengah musim dingin.

Di masa Presiden Obama jumlah warga AS yang hidup dalam kemiskinan terus meningkat. Hampir empat puluh tujuh juta orang Amerika sekarang hidup di bawah garis kemiskinan, jumlah ini tercatat tertinggi dalam 50 tahun terakhir. Wartawan BBC menemukan seluruh keluarga tinggal di tenda, baik yang menganggur atau mereka yang bekerja dengan penghasilan yang hanya cukup untuk membayar sewa apartemen.

Saat ini, 13 juta orang Amerika menganggur, penambahan tiga juta orang selama Presiden Barack Obama terpilih. Angka pengangguran ini terbesar setelah depresi besar paska perang dunia ke II. Menurut laporan sensus tahun 2011, jumlah orang Amerika yang hidup dalam kemiskinan pada tahun 2010 mencapai 49,1 juta. Amerika Serikat telah kehilangan 32 persen lapangan pekerjaan manufaktur sejak 2000 pada pemerintahan bush dan ini terus berlanjut hingga saat ini. (presstv/republika/15/02/12/taman-langit7.co.cc)


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites